boleh berpendapat dari sisi  yang berbeda ..?
 gw cuma mencoba berpikir  simple dan logis... (soalnya ga tau masalah teknis mesin)
 menurut gw,
 mesin di design dengan  mempertimbangkan aspek performence dan durability
 performa yg bagus dan daya  tahan mesin yg lama adalah impian semua orang  
 (performa = kenceng + irit  bahan bakar)
 daya tahan mesin biasanya  menjadi prioritas utama.
 soalnya kalo mesin baru  bentaran udah rusak..   pasti image orang langsung 
 men-judge bahwa mesin itu  "jelek"
 sedangkan dalam  performa,
 masalahnya adalah : mesin  kenceng akan membutuhkan bahan bakar yg banyak  
 contoh :
 => mesin 200cc lebih  kenceng dari 125cc, dan lebih kenceng darri 100cc, lebih kenceng dari  50cc
 => mesin 200cc lebih  boros bbm dari 125cc, dan lebih boros dari 100cc, lebih boros lagi dari  50cc
 jadi semua itu adalah  masalah harmonisasi / keseimbangan antara input dengan output nya  ...
 kalau kita menginginkan  sesuatu yg lebih dari mesin standard pabrik,
 kelihatannya kita juga  harus mengorbankan hal lain nya ... (harmonisasi)
 kalo saran simple gw dari  pertanyaan bro R adalah :
 kalau targetnya mau irit..   pilihlah motor yg cc nya kecil ...
 ada benarnya yg disarankan  oleh bro lain dengan 'memperbaiki' kinerja mesin dengan 
 menggunakan produk Xado  contohnya ...
 tapi coba dihitung lagi  ...  berapa harga produk tersebut ...?
 berapa lama lapisan Xado  itu bisa bertahan di mesin ..?
 bandingkan dengan jumlah  pengiritan bahan bakar yang diinginkan ...
 kalo memang ternyata masih  menguntungkan sih patut di coba ...
 soalnya gw berpendapat :   hasil dari Xado akan optimal jika memang 
 permukaan cylinder blok  sudah cacat / renggang...
 tapi gimana pengaruhnya  kalo mesin kita masih bagus, masih baru, 
 belum ada cacat dan masih  standard ...?
 saran simple dari gw yg  lainnya adalah :
 dengan mengganti pilot jet  & main jet dengan ukuran yg lebih kecil ...
 tapi tetap harus  mengorbankan : motor jadi ga bisa kenceng..
 malah mungkin jadi brebet  dan bahkan merusak mesin pada akhirnya
 karna sekali lagi :  keseimbangan mesin tidak tercapai ...
 menurut gw,
 kalau mau lebih irit dari  yg sudah dicapai (48km/liter  atau dari sisi pengeluaran uang )
 cara berkendara seperti yg  bro Z sampaikan adalah yg terbaik 
 mengingat mesin AX masih  baru dan standard abis...
 lagi pula km yang ingin  dicapai tidak selisih jauh dari biaya yg dikeluarkan ...
 kalo hitungan premium  Rp4500/liter
 (4500 / 48  x 60) - 4500 =   Rp.1125    (cuma nambah segini aja bro biar mencapai 60km)
 tapi kalau targetnya adalah  bener2 irit bahan bakar,
 saran gw adalah :  gunakan  teknologi fuel injection
 gw yakin bisa dapet tuh  55km atau 60km / liter
 seperti halnya motor supra  injection atau shogun injection..
 kalo ga salah bisa dapet  62km/liter deh ...
 tapi masalahnya :  muahal  tuh teknologinya ...
 ============================================
 lepas dari hal-hal  diatas...
 masalah harmonisasi mesin  juga akan berlaku sebaliknya ketika kita ingin motor kita lebih kenceng  
 dari standard pabrik  ...
 kalo motor mau lebih  kenceng, yg ideal adalah dengan melakukan bore up  ... (nambahin cc  )
 tidak lupa dengan  menyeimbangkan komponen lain seperti membesarkan diameter karburator  
 dan juga pembesaran  diameter gas buang (knalpot) dan lain2...  
 finally ...  bbm akan lebih  boros ...
 =============================================
 dear all,
 hal diatas cuma pendapat  pribadi dari otak gw yg rada nyeleneh ..
 dan bukan untuk dijadikan  perdebatan negatif ..
 juga tidak bermaksud untuk  menyudutkan dan memancing emosi pihak tertentu
 indah-nya  demokrasi...
 keep on  brotherhood...
 tengkyu,
----- Original Message -----From: zMohon saran upgrade efisiensi bahan bakar AXBro,...Menghemat BBM tidak hanya sekedar mengganti partnya saja tapi juga dipengaruhi olehcara mengendarinya. Misalnya bukaan gas tidak perlu dipaksa setiap antara gigi 1 - 2 -3 dan seterusnya. kemudian pengereman dengan kopling juga bisa memboroskan BBM. Atau jarang service rutin mungkin bisa menjadikan boros bahan bakar,...salamz
From: R
Mohon saran upgrade efisiensi bahan bakar AX
Dear Bros,
Andai kita ada budget sekitar 300rb, kira-kira part apa aja ya yang bisa kita prioritaskan lebih dulu untuk dibeli dan kita pasang di AX kesayangan kita untuk upgrade efisiensi bahan bakar jadi semakin irit?
Konsumsi bahan bakar AX gw belakangan ini sekitar 48 km/lt, minum Shell Super (dulu waktu awal2, masih sekitar 44 km/lt). Kondisi AX masih 100% standard.
Gw berharap dgn adanya upgrade, bisa 55-60 km/lt.
Mohon pencerahan dari Bro-Bro semua
Sebelum dan sesudahnya, terima kasih untuk bantuannya.
Best Regards,
R




No comments:
Post a Comment